Museum Nasional Museum Terbesar dan Tertua di Asia Tenggara


Pernahkah kamu mendengar sebuah tempat wisata bernama Museum Nasional? Eits, jangan salah. Museum Nasional itu beda loh dengan Monumen Nasional atau yang sering dikenal orang dengan Monas. Kalau monas itu bentuknya seperti menara yang sangat tinggi, sedangkan museum nasional bentuk bangunananya seperti gedung 1 lantai biasa.

Sejarah singkat Musium Nasional

Museum Nasional merupakan sebuah bangunan museum yang sudah berdiri sejak 24 April 1778 pada masa Pemerintahan Hinda Belanda. Bangunan yang berasal dari sumbangan warga negara Belanda bernama J.C.M. Radermacher ini dari dulu memang sudah digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara. Dan sampai dengan saat ini, fungsi bangunan sebagai museum yang menyimpan benda bersejarah tetap bertahan.

Museum ini juga dikenal dengan sebutan lain, yaitu Museum Gajah. Dinamakan “Museum Gajah” karena pada tahun 1871 Raja Thailand bernama Chulalongkom memberikan sebuah hadiah untuk pemerintah Hindia Belanda berupa patung gajah yang terbuat dari perunggu yang sekarang ditempatkan di halaman depan bangunan museum.  Dan pada tanggal 28 Mei 1979 atau pada masa Pemerintahan Presiden Soharto, museum ini berganti nama menjadi Museum Nasional Republik Indonesia.

Ciri khas Museum Nasional

Jika dilihat dari lokasitempat bangunan museum ini berada, letak museum nasional ini memang sangat dekat sekali dengan tugu monas, yaitu di sebelah barat tugu. Namun, museum nasional ini memiliki sebuah ciri dan perbedaan yang membedakan museum ini dengan museum lainnya, yaitu :
- Dari segi bentuk bangunan
- Dari segi benda yang dikoleksi
- Merupakan Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara

1. Dari segi bentuk bangunan
Jika kita melihat bentuk bangunan museum nasional, terlihat bahwa bentuk dan gaya bangunan yang dimiliki museum nasional ini sekilas hampir mirip dengan gaya arsitektur Istana Presiden Republik Indonesia.  Terlebih lagi lokasi berdirinya museum nasional ini juga berada di Jl. Medan Merdeka Barat , yang masih satu komplek dengan Istana negara.

Patung gajah yang berada di depan museumlah yang menjadi ciri khas atau ikon dari museum nasional.
Bangunan museum nasional ini sudah difungsikan sebagai museum sejak tahun 1811, tepatnya pada masa pemerintahan Sir Thomas Stamford Raffles. Dan untuk saat ini,  pengelolaan bangunan dipegang oleh kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

2. Dari segi benda yang dikoleksi
Ada banyak sekali benda yang dikoleksi oleh museum ini. Benda yang disimpan di museum nasional antara lain:
  • Arca Adityawarman
  • Prasasti Singosari
  • Bermacam kain tekstil jaman dahulu
  • Gamelan kuno
  • Meriam tempo dulu, dan arca-arca lainnya.

3. Merupakan Museum yang pertama ada dan terbesar di Asia Tenggara

Perlu diketahui juga bahwa museum ini adalah museum tertua yang pertama kali dibangun di kawasan Asia Tenggara. Gelar sebagai museum terbesar pun di sandang oleh museum nasional dikarenakan bangunannya yang luas dan juga karena banyaknya koleksi benda bersejarah yang dimilikinya.

banyak koleksi arca (source)


Jam Buka Museum Nasional
Selasa – Jumat : 08.00 – 16.00
Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.00
Senin dan Hari libur Nasional : Tutup

Harga Tiket Masuk Museum Nasional
Dewasa : Rp 5.000,-
Anak-anak : Rp 2.000,-

Alamat dan Nomor Telepon Museum Nasional
Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia
Telp: 021-3868172

Peta Museum Nasional

 

Museum Bahari Jakarta

Musium Bahari Jakarta adalah salah satu bangunan peninggalan berserjarah jaman tempo dulu yang saat ini dirawat dan dijadikan tempat wisata. Musium ini terletak di sebelah utara kota tua Jakarta. Salah satu alasan kenapa dinamakan musium bahari mungkin karena geografiis bangunannya yang memang dekat laut, diseberang pelabuhan Sunda Kelapa.

Jika kamu sudah berada disekitar lokasi ini, cara paling gampang untuk mengetahui keberadaan Musium ini yaitu dengan mencari sebuah menara tinggi. Menara yang dulunya digunakan sebagai mercu suar untuk mengamati kedatangan kapal-kapal dari utara Jakarta.

menara syahbandar


Museum ini menyimpan dan mengoleksi benda-benda bersejarah khususnya di bidang kelautan atau kebaharian. Dulunya museum ini merupakan gudang miliki VOC untuk mengepak rempah-rempah yang akan dikirim ke Eropa. Maka jangan heran kalau di salah satu gedungnya ada tulisan VOC dalam huruf besar.



Ciri Khas Museum Bahari

Sesuai namanya, ciri utama dari museum bahari adalah banyaknya koleksi perahu dan kapal tradisional nusantara dari miniatur sampai dengan ukuran yang sama seperti ukuran aslinya.

miniatur kapal di museum bahari
bagus untuk foto-foto :D , via heyduway.blogspot.co.id

museum bahari
perahu ukuran besar, via blog.tripvisto.com

Harga Tiket Masuk Museum Bahari

Dewasa: Rp 5.000,-
Pelajar/Mahasiswa : Rp 3.000,-
Anak-anak: Rp 2.000,-

Jam Buka Museum Bahari

Selasa-Minggu 09.00 - 15.00.
Senin: Tutup

Tertarik mengunjungi museum bahari?

Mengenal Museum Tekstil Jakarta

Musium yang terletak dekat dengan Stasiun Kereta Tanah Abang ini merupakan gedung bersejarah tempat menyimpan beragam koleksi tekstil dari seluruh nusantara. Disana kamu bisa menjumpai aneka macam jenis batik kain dengan beragam corak dan motif.



Museum ini mempunyai ciri khas pada bangunannya yang berwarna putih, khas bangunan peninggalan zaman penjajahan. Memang, bangunan museum ini dulunya adalah rumah pribadi warga Perancis. Luas areal lahan yang digunakan ini cukup luas. Tempat wisata bersejarah ini terdiri dari 3 bangunan utama. 2 Bangunan digunakan sebagai pajangan koleksi kain dan 1 bangunan digunakan untuk tempat praktik latihan membatik.

Ya, anda tidak salah dengar.  Museum ini tidak hanya memajang koleksi batik dari seluruh nusantara saja, namun disini pun kamu bisa juga untuk belajar membuat batikmu sendiri. Namun, untuk mengikuti kursus singkat membatik ini tidaklah gratis.

Ketika kamu masuk ke museum ini, kamu akan diminta untuk membeli tiket yang harganya sebesar Rp 5000,- untuk orang dewasa, Rp 3000,- untuk mahasiswa, dan Rp 2000,- untuk pelajar / anak-anak. Khusus untuk mereka yang datang secara rombongan, mereka akan diberi harga diskon. Untuk mendapatkan harga khusus ini jumlah orang dalam 1 grup/rombongan minimal sejumlah 30 orang.

Setelah mendapatkan tiket masuk, kamu pun akhirnya masuk ke ruangan pertama. Ruangan yang berisi pajangan-pajangan batik dari beragam daerah. Ada sekitar 1800 batik yang dikoleksi di museum ini. Namun hanya beberapa saja yang dipamerkan. Batik yang dipajang antara lain batik cirebon, batik pekalongan, batik solo, batik purwokerto, batik jawa barat, bahkan sampai batik papua.

Selain kain koleksi kain, disini juga ada benda bersejarah lain seperti alat tenun, andong tempo dulu sampai ondel-ondel khas betawi yang di pajang di teras bangunan utama. Adanya andong dan ondel-ondel ini menambah kental suasana khas betawi tempo dulu.

andong khas betawi source:qubicle.id


Di tempat yang lainnya, anda akan menemukan sebuah tugu atau monumen yang terbuat dari perunggu. Bentuknya seperti kain yang tergelar. Monumen kecil inilah yang dijadikan ikon atau maskot dari museum tekstil ini.

monumen batik source:backpackerjakarta.com

Untuk mengikuti pelatihan batik disini,  akan dikenakan biaya sebesar Rp 40.000,- untuk wisatawan lokal, dan Rp 75.000,-. Uang ini akan digunakan untuk mengganti biaya kain dan juga bahan lainnya seperti malam yang kamu gunakan untuk membuat kain batik.

Jam Buka Museum Tekstil Jakarta

Selasa - Minggu Pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00
Hari Senin : Tutup
Infomasi lebih lanjut silahkan hubungi: +62 21 5606613, Museum Tekstil Jakarta.
Alamat: Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, RT.6/RW.1, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10260, Indonesia

Waterbom Jakarta

Ingin berenang dengan suasana yang beda? Waterbom Jakarta tempatnya. Objek wisata ini adalah sebuah tempat wisata air yang terletak di ujung utara Jakarta. Jika anda berkunjung kesini, anda akan merasakan sensasi seperti berada di sebuah kerajaan air.

waterbom jakarta

Gambar diatas adalah sedikit gambaran tentang apa yang akan Anda temukan jika berkunjung ke tempat rekreasi tersebut. Tempat wisata air Jakarta yang berlokasi di Jl. Pantai Indah Barat No. 1, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara itu buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi sampai dengan 21.00 malam.

Oh, ya, bocoran dikit nih, tempat wisata ini deket dari kantor tempat saya bekerja. Jadi kalau saya ingin berenang ke sana, tinggal jalan saja sudah sampai. Jarak dari kantor ke waterbom hanya ini sekitar 150 meter. Deket banget kan?? Saya sudah pernah berkunjung kesini beberapa tahun yang lalu.

deket kantor gue gan..

Objek wisata bernama waterbom ini cuma ada 2 loh di Indonesia, yaitu di Jakarta dan Bali. Dan kamu jangan sampai salah dalam penyebutan tempat rekreasi ini: WATER BOM bukan WATER BOOM ,hanya satu huruf o. Begitu kata instruktur wisata yang dulu membimbing kami bermain games yang ada disana. (dulu piknik bareng dibiayai kantor).


Ciri khas dan fasilitas yang ditawarkan waterbom Jakarta

Beberapa fasilitas ini bisa kamu nikmati jika berkunjung ke tempat wisata ini antara lain:

1. Kolam renang untuk anak
Kalau ini gak usah ditanya lagi gan, pokoknya kolam renang cetek, dalamnya biasanya cuma 20-40 cm. Buat berenang anak-anak kecil.

2. Kolam renang untuk orang dewasa
Untuk kolam renang dewasa, dalamnya sesuai standar internasional, sampai dengan kedalaman 2 meter

3. Perosotan air / high thrill speed slides

perosotan mytravelerssoul.wordpress.com

 Ada 2 tipe/jenis wahana high thrill speed slides atau perosotan ini. Yang pertama kita meluncur di perosotan berbentuk tabung atau seperti selang gitu deh. Dan yang kedua yaitu perosotan berbentuk perosotan terbuka. Untuk meluncur disini, kita harus memakai "ban" atau pelampung yang sudah disediakan oleh panitia. Tingginya sekitar 10-15 meter. Tapi itu sudah lumayan buat bulu kuduk merinding loh.. :p

Dan sekali merosot atau turun kebawah, itu minimal harus 2 orang sekaligus. Karena desain pelampungnya memang seperti itu, untuk 2 orang. Dan kalau kebetulan kamu datang sendiri tanpa pasangan, boleh tuh nyoba berenang disini. Kalau dapat partner buat merosotnya cewek, kan lumayan gan, bisa kenalan sekalian.. wkkkkk


4. Istana air

water  kingdom waterbom 4w4n.blogdetik.com


Nah ini dia istana air yang saya maksud. WATER KINGDOM WATERBOM JAKARTA. Wahana yang ini seru banget. Berbentuk seperti istana, yang dikelilingi oleh air mancur. Dan ada beberapa air mancur yang airnya muncul otomatis dalam hitungan waktu tertentu.

Dan ada juga ember raksasa, dimana ember raksasa itu kalau airnya sudah penuh akan tumpah sendiri. Mengguyur badan kita jika kita ada dibawahnya. Tenang saja, wahana ini dikelilingi oleh kolam renang yang cetek atau dangkal. Jadi children friendly. Anak kecil bisa main juga disini.

5. Wahana arus gelombang


Diwahana ini, kamu bisa berenang di sebuah kolam renang panjang yang bentuk nya menyerupai sungai, ada arus buatan gitu. Namun sayang, dulu waktu saya kesana arus air ini baru dinyalakan pada pukul 4 sore. Jadi hanya bisa bermain sebentar deh di wahana ini.

Nah itu dia rewiew singkat tentang waterbom Jakarta. Sebuah wahana berenang komplit yang cocok untuk yang gemar bermain air.

Tiket masuk waterbom

Rp 270.000 / dewasa
Rp 200.000 / anak


Jam buka waterbom Jakarta

mulai dari jam 08.00 s/d jam 21.00 W.I.B.

Silahkan hubungi ke Waterbom Jakarta | Jl. Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah Kapuk – Jakarta 14470 | P: +62 21 5596 6666 | F: +62 21 5596 6688 untuk infomasi yang lebih lanjut terkait promo dan pemesanan khusus. Sampai jumpa..

Jangan takut dengan harga tiket yang lumayan mahal. Pihak pengelola kadang memberikan diskon untuk beberapa kartu kredit yang bekerja sama.

Antri Menambal Ban Sepeda Motor

Kemarin pada hari Sabtu siang, saya pergi menambal ban sepeda motor saya di tempat yang tidak jauh dari rumah kost. Salah satu penyebab kenapa si bulat hitam ini ditambal yaitu karena umur ban yang sudah lumayan Lama, sudah satu tahun. Penyebab lainnya yaitu dikarenakan letak dan posisi antara rumah dan pekerjaan yang jauh, maka tidak heran jika bannya pun menjadi cepat aus. Cepat tipis, dan akhirnya menjadi gampang sekali bocor.


Sebenarnya ban motor saya sudah bocor sejak lama. Sejak tanggal 22 Juni, satu hari tepat sebelum cuti bersama Idul Fitri tahun 2017. 10 hari yang lalu. Namun karena ban motor yang saya pakai adalah tipe ban tubeless, maka masih tersisa angin di dalam ban tersebut dan tidak sampai kehabisan.

Biaya tambah ban yang saya keluarkan kalau tidak salah 12 ribu rupiah. Harga jasa tambal ban ini lebih mahal 2.000 rupiah, karena ditempat yang lain pada hari biasa harga jasa tambal ban tahun 2017 ini sekitar 10.000 rupiah untuk ban tubeless. Sedangkan untuk biaya jasa non tubeles, paling selisih sekitar 1000-2000 rupiah saja. Maklum saja, mungkin karena masih suasana lebaran, dimana masih banyak bengkel tambal ban yang masih tutup, sehingga harga-harga naik dari biasanya.

Kondisi pertama saya datang ke bengkel tambal ban tersebut lumayan ramai. Tercatat ada sekitar 2 motor lainya yang sedang menunggu untuk ditambal juga. Tak perlu menunggu cukup lama, hanya sekitar 20 menit ban motor saya mulai dikerjakan untuk ditambal.

Terlihat bapak tukan tambal ban yang sepertinya berasal dari batak ini pun dengan lincah menambal ban motor saya. Sett, settt, sett... Tak lama pun selesai ditambal.
"Bang, jangan lupa ban yang depan juga di isi angin ya.." tambahku.
Kini ban motor saya sudah selesai di isi angin. Lari sepeda motor saya pun menjadi lebih ringan. Wuss, wuss, wuss, (eh tiba-tiba jadi keinget salah satu nama template untuk blogger, apa hayoo.. hehehe)

Okey itu saja sharing saya hari ini.


#inspirasiSiang
#masmuklasblog

Sunah-Sunah Wudhu, Pengertian dan Penjelasan

Seperti kita ketahui pada artikel sebelumnya bahwa salah satu cara untuk menyucikan diri kita dari najis atau kotoran adalah dengan berwudhu. Untuk melakukan ibadah wudhu kita tidak boleh sembarangan dan semau kita.


Ada yang namanya rukun wudhu, yaitu urutan gerakan yang harus kita lakukan pada saat wudhu. Tapi ternyata ada sesuatu yang perlu kamu ketahui juga tentang ibadah yang satu ini, yaitu sunah-sunah dalam wudhu. Apakah kamu pernah mendengarnya?

sunah-sunah wudhu

Pengertian Sunah Wudhu

Yang dimaksud dengan sunah wudhu adalah segala hal yang tidak diwajibkan atau tidak diharuskan untuk dilakukan ketika melakukan wudhu, namun apabila kita melakukannya kita akan memperoleh pahala. Karena itu, jangan heran kalau pada artikel tentang tata cara wudhu kemarin, saya hanya menjelaskan gerakan-gerakan wajibnya saja. Sedangkan gerakan-gerakan sunah lainnya saya jelaskan dalam artikel ini.

Penjelasan sunah-sunah wudhu

Jika dikaji lebih dalam, sunah wudhu ini banyak sekali.  Ada sekitar 15 poin sunah-sunah dalam wudu ini. Namun kamu jangan khawatir, ini kan sunah, jadi seandainya tidak kamu lakukan juga tidak apa-apa dan juga tidak mendapatkan dosa. Oleh karena itu penjelasan tentang sunah-sunah wudhu ini bisa kamu jadikan sebagi pengetahuan saja, namun akan lebih baik kalau kamu mempraktikkan apa yang ada dalam sunah wudhu ini meskipun hanya beberapa.

Sunah-sunah wudhu beserta penjelasannya:


1 Membaca basmalah di awal

Basmalah merupakan kalimat singkat yang biasa dianjurkan ketika kita akan melakukan kebaikan. Dengan membaca basmalah ketika kita akan melakukan wudhu, diharapkan kita dapat menyadari bahwa ibadah yang kita lakukan ini memang dilandasi oleh nama Allah SWT.

2 membersikan gigi dan mulut dengan menggunakan sikat gigi atau siwak

Hal ini adalah tindakan yang sangat asuk akal untuk membersihkan mulut secara optimal. Karena itu kamu jangan heran apabila ada sebagian orang melakukan sikat gigi atau membersihkan mulut mereka dengan siwak sebelum wudhu dilakukan.

3 Mencuci kedua telapak tangan pada awal akan melakukan wudhu

Yang dimaksud disini adalah kamu membilas terlebih dahulu kedua telapak tanganmu dengan air sebelum melakukan wudhu.

4 Melakukan kumur sejumlah 3x

Kumur-kumur dalam wudhu ini dikenal juga dengan Madhmadha. Yaitu memasukkan air ke dalam mulut, kemudian berkumur-kumur dengannya, lalu disemburkan keluar. (Fathul Bari, 1/335)

5 Istinsyaq dan instintsar 3x

Istinsyaq adalah memasukkan air ke dalam hidung dengan menghirupnya sampai jauh ke dalam hidung.  (al-Mughni, 1/74, Nailul Authar, 1/203). Istintsar adalah mengeluarkan air dari hidung setelah istinsyaq. (Syarah Shahih Muslim, 3/105). Mungkin sebelumnya kita menganggap bahwa istinsyaq ini hanya sebatas membilas lubang hidung. Ternyata tidak, istinsyaq dan istintsar bukanlah membilas lubang hidung  saja.
 Tapi lebih dari itu istinsyaq dan istintsar yaitu menghirup air yang telah dikumpulkan di telapak tangan, kemudian mengeluarkan kembali air tersebut lewat hidung. Dengan cara ini, kotoran yang ada di dalam hidung diharapkan bisa keluar bersamaan air yang disemburkan tersebut.

6 Membersihkan jenggot dengan menyela dan memasukkan air diantara rambut jenggot

Jika kamu laki-laki yang memelihara jenggot, jangan lupa untuk membersihkan jenggot dan mengusap jenggotmu dengan air ketika wudhu.

7 Menyela jari-tangan dan jari kaki saat membersihkannya

Tujuan dari kegiatan ini sudah sangat jelas, yaitu agar anggota tubuh yang dibersihkan dengan tangan dapat dipastikan bersih setelah wudhu.

8 Memastikan untuk melakukan 3 kali pengulangan untuk setiap gerakan wudhu

 

9 Mendahulukan anggota tubuh yang kanan

Dalam agama Islam, kanan itu dianggap lebih mulia dibanding dengan kiri. Untuk itu pastikan kamu membasuh bagian tubuh yang kanan dahulu sebelum membasuh bagian tubuh yang kiri.

10 Mengusap kedua telinga

 

11 Menggosok bagian tubuh yang dibasuh kedua tangan bersamaan dengan mengalirnya air.

Satu hal penting lainnya yang kamu perhatikan yaitu untuk memastikan menggosoknya bagian tubuh yang hendak dibersihkan bersamaan dengan air. Jadi, ketika ada bagian tubuh yang digosok air memang sedang mengalir di bagian tubuh yang digosok tersebut.

12 Tidak memutus atau memberi jeda untuk setiap anggota tubuh yang dibasuh dalam waktu yang lama

Ibadah wudhu merupakan ibadah yang terdiri atas gerakan yang urut dan teratur, pastikan pergantian gerakan dilakukan secara konstan.

13 Hemat dalam pemakaian air

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh agama Islam yaitu agama ini merupakan agama yang sempurna. Bahkan, pemakaian air dalam wudhu pun dianjurkan untuk tidak berlebihan.

14 Memastikan untuk membaca doa ketika wudhu

Jangan lupa membaca niat ketika akan melakukan wudhu

15 Berdoa apabila sudah selesai wudhu

Dan apabila telah selesai wudhu, jangan lupa berdoa.
Doa setelah wudhu:

"Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhu."

Artinya:

(aku bersaksi bahwa tiada ilah yang haq selain Allah semata dan tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya).

Untuk doa yang lebih komplit, silahkan tambahkan doa diatas dengan menambahkan do'a ini:

"Subhaanaka Allahumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha anta astaghfiruka wa atuubu ilaika"

Artinya:

(Maha suci Engkau, ya Allah dan dengan memujiMu aku bersaksi bahwa tiada ilah yang haq selain Engkau aku memohon ampunanMu dan bertaubat kepadaMu)

Salah satu keutamaan yang dimiliki oleh doa sehabis wudhu ini yaitu barangsiapa yang mengatakannya maka dituliskan baginya dalam sebuah buku kemudian ditutup dengan penutup serta dijaga sampai hari kiamat. Sebagaimana dalam hadits yang mulia.

16. shalat sunnah setelah wudhu dua rakaat,

Melakukan solat sunah wudhu setelah wudu akan menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu.

Demikianlah 16 sunah-sunah wudhu yang ada dalam Islam. Meskipun terlihat sangat banyak, tidak ada salahnya kita mencobanya untuk melakukan sunah tersebut satu persatu agar pahala yang kita dapatkan ketika berwudhu bertambah banyak.
Sekian, semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr wb.

Mempersiapkan Diri Untuk Kerja Kembali Sehabis Liburan

Tak terasa sudah seminggu lebih kita merasakan hari libur cuti bersama Idul Fitri. Untuk liburan + cuti bersama di lebaran tahun ini memang sangat mantap. 10 hari cingg... xixixi. Sebagai kaum bangsawan (bangsa karyawan) saya juga turus bergembira sekali dengan banyaknya libur kali ini. Tapi ketika melihat kalender dan ternyata sudah mendekati tanggal masuk kerja, tiba-tiba kok saya panas dingin gini ya. Keringat bercucuran dan tiba-tiba... Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....
Ternyata gue lupa alamat kantor gue berada (please deh becandanya jangan kelewatan).Saya  harap Anda tidak lupa alamat kantor Anda seperti saya.. :p

Singkat cerita, sembari mengingat diri saya ini sebenarnya siapa, dan dimana alamat kantor saya, saya buka laptop kesayangan. Buka Mojilla Pirepox, dan login blogger. Ngeblog saudara-saudara.... Mungkin dengan cara seperti ini saya bisa kembali mengingat dimana letak kantor saya berada, hehehe.


kerja lagi
we work again

Dengan beberapa tips ini, semoga anda bisa melupakan masa-masa liburan yang sebagian besar saya yakin anda habiskan untuk bermalas-malasan itu.

Tips untuk menyiapkan diri berkerja kembali setelah lama berlibur

 

1# Periksa Seragam Kerja

Beberapa perusahaan besar memang mewajibkan karyawannya untuk memakai seragam kerja untuk beberapa alasan. Dan jika perusahaan Anda adalah salah satu yang mewajibkannya, maka mulai dari sekarang silahkan persiapkan kembali seragam dinas yang Anda biasa gunakan untuk bekerja. Pastikan baju sudah bersih dan juga wangi. Bila perlu, setrikalah baju seragam kerja Anda agar terlihat rapi.

2# Periksa Sepatu

Periksa juga sepatu yang biasa Anda pakai untuk bekerja. Biasanya sepatu yang sudah lama tidak terpakai akan berdebu dan warnanya mulai kusam. Dengan membersihkannya dari debu dan memolesnya dengan semir sepatu, maka benda yang satu ini akan dapat menambah penambilan Anda menjadi lebih keren.

3#Periksa File-File Penting

Beberapa orang memang membawa tugas yang harusnya dikerjakan di kantor ke rumahnya untuk dikerjakan. Hal ini terjadi mungkin karena jumlah beban kerja yang sangat banyak sementara waktu yang tersedia hanya 8 jam saja per harinya.

4#Persiapkan Kendaraan

Saya rasa sudah hampir setiap orang menaiki kendaraan pribadi untuk pergi bekerja di era yang serba canggih ini. Tak perduli kendaraan itu roda 4 atau pun roda 2, kondisi mesin kendaraan yang prima tentunya akan membuat nyaman pengendaranya. Kondisi kendaraan yang bagus akan meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan saat kita berangkat kerja.

Demikian tips untuk persiapan memasuki kerja setelah lama liburan. Semoga bermanfaat.