Kriteria Template Blog yang Membuat Pengajuan Adsense Kita di Approve

Untuk blogger yang belum pernah di approve oleh google adsense, tentu banyak sekali pertanyaan yang menghinggapi pikirannya. Mulai dari berapa jumlah artikel, berapa jumlah kategori yang dipakai, apa niche yang dipilih, sampai dengan template yang digunakan pada saat pengajuan aplikasi.

Kriteria Template yang Membuat Aplikasimu di Approve


1. Mendukung tampilan responsive
 Syarat pemilihan template yang paling utama untuk mendaftar adsense adsense adalah template itu harus mendukung tampilan responsive. Template yang responsive disini berarti memiliki tampilan yang dapat menyesuaikan diri secara otomatis ketika website kita di akses menggunakan hp/smartphone.

responsive web design
responsive web design, pict by google
Hal ini menjadi sangat penting karena di era saat ini kebanyakan penduduk di dunia mengakses internet melalui handphone. Di Indonesia saja menurut riset yang dilakukan oleh  Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tahun 2016, sekitar 137 juta orang penduduk Indonesia menggunakan smartphone mereka untuk mengakses internet. (kompas.com)

Mengapa Kita Harus Memilih Tampilan Template yang Responsive?

Disini saya akan mengutip penjelasan yang diberikan oleh google di halaman panduan tentang mesin pencarinya. Dengan membaca panduan dari google ini semoga kita menjadi lebih yakin kenapa pemilihan template responsive merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh blogger.
  1. Mempermudah pengunjung blog untuk berbagi link atau artikel yang kita buat.
  2. Membuat halaman artikel kita lebih cepat terindex.
  3. Mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh mesin google untu.
  4. Mengurangi kesalahan yang akan mempengaruhi situs mobile.
  5. Membuat tampilan halaman situs kita lebih cepat dibuka
Dan kabar baiknya, hampir semua penyedia template baik yang berasal dari Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri sudah mengaplikasikan tampilan yang responsive pada templatenya. Jadi, setelah membaca uraian ini jangan pernah mencoba untuk menggunakan template yang tidak responsive ketika akan mendaftar ke adsense.

Hal ini saya tulis karena saya pernah melihat blogger yang menggunakan template non responsive untuk mendaftar google adsense. Bila kalian penasaran dan ingin melihat contoh template blogger yang tidak responsive, kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah:

blogger template

Template diatas merupakan template standar bawaan dari blogger yang disediakan oleh google secara gratis untuk kita pakai. Memang jika dilihat dari sisi search engine friendly nya, template diatas termasuk mudah untuk disetting menjadi ramah mesin pencari.

Namun perlu diingat bahwa template yang tidak responsive akan membuat pengunjung kesulitan untuk mengexplore seluruh isi website, apalagi bila si pengunjung mengunjungi situs kita melalui perangkat seluler.

2. Fast Loading
Template yang fast loading yaitu template yang apabila pengunjung datang mengunjungi situs kita, tidak dibutuhkan waktu yang lama agar tampilan website tampil secara keseluruhan. Waktu ini dihitung mulai dari pengunjung mengklik URL judul di halaman pencarian sampai dengan halaman artikel terbuka semuanya.

Standar waktu yang digunakan untuk mengukur kecepatan situs ini yaitu menggunakan satuan detik. Sebuah template dikatakan fast loading apabila memiliki waktu kurang dari 3 detik dalam membuka keseluruhan halaman situs. 
gtmetrik pengukur kecepatan
 3. Tidak Banyak Widget yang Tidak Penting
Jangan pasang widget yang tidak perlu ketika sedang menyiapkan blog untuk daftar adsense. Pasang saja widget-widget yang standar dari bawaan blogger. Widget yang penting seperti:
  • Kotak pencarian (Jika design template tidak disediakan secara default)
  • popular post
  • arsip
  • label
Untuk halaman, saya menaruhnya dibagian footer. Pada saat pengajuan diterima, situs atau blog yang buat juga tidak saya pasang profil g+. Ini dikarenakan informasi pemiliki atau penulis sudah terwakili lewat halaman about. Namun, ada juga blogger lain yang pengajuannnya diterima meski memasang profil g+ di blognya.

Alasan lain kenapa tidak usah memasang widget-widget yang tidak penting yaitu karena ini berkaitan dengan poin nomor 2, yaitu masalah fast loading. Semakin banyak widget yang kamu pasang, semakin berat dan lama pula waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk mengunjungi halaman artikel yang kamu buat. 

4. Gak Perlu SEO friendly 100%
Poin mengejutkan yang membuat saya tercengang yaitu poin ke 4 ini. Ternyata, ini gak mempengaruhi kriteria penerimaan adsense. Ini adalah hasil SEO score website saya kemarin:
Jadi, untuk yang mau daftar adsense, gak usah deh utak-atik daleman template untuk mendongkrak score SEO friendly menjadi 100%. Itu ternyata cuma mitos. Pakai saja apa adanya dari penyedia template berapa pun scorenya.

Tapi, jangan heran kalau sobat nyoba ngecek ke SEO friendly-an blog masmuklas.blogspot.com ini. Memang sih, 100%, tapi jujur aja ini adalah kerjaan saya dulu pas masih getol otak-atik isi daleman template.

Kalau kamu gak percaya bahwa score SEO gak ngaruh buat persetujuan adsense, kalian bisa cek saja blognya mas Sugeng di Sugeng.id. Pasti deh, score SEOnya jelek banget. Mungkin mas Sugeng memang membiarkan score SEOnya jelek biar kita jadi tahu, kalau score SEO sekarang sudah tidak berpengaruh.

5. Pastikan Ada Logo Blog
Ini juga salah satu poin penting, buatlah logo untuk blog kamu. Karena dari logo inilah yang akan membedakan blog kamu dengan blog yang lainnya. Untuk membuat logo ini gampang kok sob. Saya aja mendesign logo ini hanya menggunakan aplikasi microsoft word.

6. Pastikan semua Link Menu yang ada di Template aktif 
Jangan mengajukan kalau blog kamu ada menu yang tidak di isi dibagian navigasi.  Kalau ini masih ada, biasanya kamu akan mendapatkan balasan penolakan yang isinya menjelaskan bahwa situs kamu masih dalam tahap pengembangan atau sedang di buat.

Dan,, inilah yang terakhir,
Jika kalian penasaran template blog yang saya pakai itu seperti apa, kalian bisa lihat dibawah ini:
blogger template
Namanya Seo Fix. Template minimalis buatan dari kalian bisa melihat demonya dan mendownloadnya secara gratis di link di bawah:



Note: Saya tidak menjamin jika sobat menggunakan template seperti yang saya pakai diatas untuk mendaftar adsense pengajuan adsense sobat bakal diterima. Satu hal yang lebih penting yaitu fokuslah pada kualitas konten. Buatlah kontent yang berkualitas.

Kesimpulan

Saat mengajukan adsense, ternyata tampilan template tidak berpengaruh. Asal template sudah responsive itu sudah cukup. Lebar dan ukuran template juga tidak berpengaruh. Namun, pastikan sebelum mengajukan aplikasi sobat sudah membuatkan logo untuk blog dan memastikan bahwa tidak ada menu di navigasi template yang tidak berfungsi. Jangan juga memasang widget yang terlalu ramai. Pasanglah widget yang standar saja, agar loading blog menjadi lebih ringan.

Oke, itu saja yang bisa saya bagikan tentang kriteria template blog untuk mendapatakan persetujuan dari adsense. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi buat sobat yang ingin mendaftar ads.

No comments:

Post a Comment